Sejarah Kota Singkawang dari beberapa versi

sejarah kota singkawang

sejarah Kota Singkawang - Kota singkawang merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi kalimantan barat (West Borneo) menurut data statistik yang diperoleh, bahwa pada akhir-akhir ini menjadi sorotan para pelancong / wisatawan dalam menentukan tujuan wisatanya, juga menjadi tempat para investor yang berbondong-bondong menanamkan modalnya.

Bagaimana Sejarah kota singkawang pada awalnya? Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kota singkawang ini silahkan melanjutkan bacaan karena kita akan membahas dengan sangat detail tentang sejarah kota singkawang. Bukan hanya asal kata kota singkawang yang memiliki beberapa versi, namun asal usul kota singkawang ini juga terdapat beberapa versi.

Sejarah 7 Opsir Kubilai Khan menetap di Singkawang


Versi pertama menurut cerita rakyat adalah berawal dari kisah 7 orang opsir anggota Kubilai Khan. Pada waktu itu terdapat 3 orang Jenderal yang memimpin pasukan untuk menghukum Raja Jawa. Nama jenderal tersebut yaitu: I-heh Mishih, Shihpi, dan Kau Hsing. Lantaran raja jawa tersebut pernah menghina utusan kaisar kubilai khan, raja jawa tersebut bernama Sri Kertanegara yaitu Raja dari Kerajaan Singasari. Akan tetapi pasukan cina tersebut berhasil di perdaya oleh pendiri kerajaan Majapahit yaitu Sri Wijaya dan pasukan cina tersebut pun secepatnya meninggalkan pulau jawa pada tanggal 31 Mei 1293. Dalam pelayaran mereka meninggalkan pulau jawa tersebutlah awal mula kota singkawang berdiri.

Pelayaran bangsa cina meninggalkan pulau jawa tidaklah berjalan dengan mulus, di tengah perjalanan kapal yang mereka tumpangi terserang badai besar lalu mereka memutuskan untuk mendarat di pantai bagian barat pulau kalimantan. Tujuan mereka mendarat ke pantai bagian barat kalimantan tersebut hanyalah ingin memperbaiki kapal mereka yang rusak sebelum dapat melanjutkan perjalanan menuju negeri cina, namun setelah kapal berhasil di perbaiki ada 7 orang opsir yang ketinggalan di pulau kalimantan barat itu. Lalu akhirnya ketujuh opsir tersebut pun menetap dan melanjutkan hidup di kota singkawang.

Selain dari cerita rakyat, hal ini juga pernah di lansir pada halaman Indonesian History Disini, yang menjelaskan perjalanan pasukan kubilai khan di Indonesia.

sejarah kota singkawang

Versi kedua sejarah kota singkawang


kota singkawang
"SINKAWAN" adalah sebutan untuk kota singkawang dalam buku yang berjudul "The Eastern Seas" hasil karya tangan George Windsor Earl. Nama Kota Singkawang ternyata sudah masuk ke dalam sebuah buku yang di terbitkan di eropa pada 1834. Menurut catatan di buku tersebut menjelaskan bahwa kota singkawang pada masa itu lebih di kenal sebagai daerah koloni bangsa tiongkok dimasa kongsi-kongsi penambang emas berkuasa. Monterado yang sekarang menjadi Daerah kecamatan adalah pusat kekuasaan para penambang tersebut.

Itulah 2 buah sumber tulisan yang menjelaskan tentang sejarah kota singkawang. Walaupun kita masih belum tau pasti apakah cerita ini memang benar adanya atau tidak karena ini adalah cerita sejarah yang sudah sangat lama sekali, namun setidaknya kita mempunyai gambaran tentang sejarah kota singkawang yang setidaknya mempunyai sumber yang bisa di percaya. Bagi teman yang mempunyai cerita versi lain yang mungkin di dapat dari orang tua nya dsb, silahkan mensharing cerita tersebut via kolom komentar di bawah ini, atau kirim email kepada saya.

Kita sudah membahas tentang Sejarah kota singkawang, lalu mari kita lanjutkan dengan membaca perkembangan Kota Singkawang Dari Masa ke Masa

1 comments:

Posting Komentar