Mengenal Tugu Penyerahan Kedaulatan Singkawang

tugu penyerahan kedaulatan

Tugu Penyerahan Kedaulatan - Pernahkan kamu memperhatikan sebuah tugu kecil yang ada di masjid raya singkawang? dan pernahkan kamu bertanya sebenarnya ada apa dibalik tugu tersebut? di dalam artikel ini mari kita bahas sekilas tentang Tugu Penyerahan Kedaulatan Kota Singkawang yang jarang orang bahas.

Sejarah Tugu Penyerahan Kedaulatan

Tugu Penyerahan Kedaulatan didirikan pada tahun 1949. Tugu ini merupakan tugu peringatan pertama di Kota Singkawang yang dibangun pasca kemerdekaan negara republik Indonesia.

Tugu Penyerahan Kedaulatan merupakan sebuah simbol pengakuan dari Pemerintah Kolonial Belanda atas kedudukan bangsa Indonesia di Afdeeling Singkawang (Afdeeling = Bahasa Belanda. adalah sebuah wilayah administratif pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda setingkat Kabupaten).

tugu Penyerahan Kedaulatan singkawang

Deskripsi Bangunan Tugu

Berikut merupakan kondisi dasar bangunan tugu penyerahan kedaulatan:
Bahan Semen
Tinggi 5 Meter
Pilar 1.5 Meter
Geografis 108o59"206'BT 0o54"400' LU
Alamat Jalan merdeka, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat
Luas Bangunan 16m2
Tugu berbentuk segiempat berwarna kuning dengan 5 buah garis berwarna hijau pada badan tugu. Tugu ini dikelilingi oleh 4 buah pilar berwarna putih yang mewakili empat arah mata angin. Tugu ini terletak beberapa meter dihalaman sebelah utara Masjid Raya Kota Singkawang. Penambahan variasi kolam air mancur di buat pada saat renovasi masjid raya terbaru. (Baca: Sejarah Masjid Raya Singkawang)
Taukah kamu: Tugu ini dijadikan komponen dari logo resmi kota singkawang. Perhatikan pada bagian tengah logo dibawah:

tugu Penyerahan Kedaulatan kota singkawang

Lokasi

Lokasi Tugu berada dihalaman Masjid Raya Singkawang. Klik Peta di bawah:



Penutup

Kurangnya sumber informasi menyebabkan pembahasan akan Tugu Penyerahan Kedaulatan Kota Singkawang terasa sangat singkat, namun setidaknya kita sudah mendapatkan beberapa sumber untuk diceritakan kepada generasi kita nantinya, agar warisan budaya ini tidak hilang ditelan zaman. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama menjaga Tugu Penyerahan Kedaulatan Singkawang.

Berikut sekilas video yang memperlihatkan tugu penyerahan kedaulatan kota singkawang. Video ini saya rekam pada saat sirine berbuka puasa berbunyi.



Sumber Informasi: Pemkot Singkawang, 2015. Singkawang Heritage.

0 comments

Posting Komentar