Tugu Tudung Saji Singkawang

tugu tudung saji singkawang

Tugu Tudung Saji mungkin merupakan nama yang masih jarang orang dengar pada saat ini, karena tugu itu berumur masih sangat muda. Namun bagi masyarakat singkawang tempat keberadaan tugu tudung saji pasti sudah terasa akrab di telinga. Karena lokasinya adalah lokasi yang sering dilewati dan merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi.

Sejarah Tugu Tudung Saji

Tugu tudung saji dibangun pada tanggal 24 September 2016 (belum setahun dari penulisan artikel ini = 5 juni 2017) oleh Pemerintah Daerah Kota Singkawang. Tugu ini terletak di simpang tiga antara jalan alianyang - bambang ismoyo - ratu sepudak, Sebelum menjadi tudung saji dulunya ini merupakan tugu KB (Keluarga Berencana), entah mengapa Keluarga Berencana harus diganti dengan Tudung Saji.

Baca: Tugu Penyerahan Kedaulatan

Simpang tugu KB adalah simpang yang sudah akrab ditelinga masyarakat singkawang bahkan diluar kota kalimantan barat bertahun-tahun lamanya. Mendengar dari carita orang terdahulu bahwa tugu ini dibangun sekitar tahun 80an. Dan tugu ini mengalami beberapa kali perombakan.

Tugu KB sei wie singkawang

Foto diatas merupakan foto google maps yang diambil 6 bulan sebelum dibuat menjadi tugu tudung saji.

Penutup

Ini merupakan artikel pertama yang membahas Tugu Tudung Saji. Kurang tau mengapa para blogger singkawang belum berniat untuk melakukan review terhadap bangunan ini (*mungkin banyak faktor). Yang pasti tugu ini sudah dibangun dan sudah berada di tengah-tengah masyarakat kota singkawang.

0 comments

Posting Komentar