Taman Pasning dan banyak hal yang belum kita ketahui didalamnya

taman pasning kota singkawang

Taman Pasning - Taman Pasning merupakan singkatan dari Taman Pasukan Kuning yang merupakan salah satu objek wisata buatan yang ada di Kota Singkawang. Tempo hari Tim Info Skw mengadakan eksplorasi ke Lokasi. Pada saat itu suasana terlihat agak sepi, maklum sudah jam 17.00 dan pada saat itu merupakan bulan Ramadhan. Namun yang kami perhatikan yaitu terdapat beberapa orang tua (pasangan muda) yang membawa anaknya untuk bermain disana. Wajar taman itu disukai oleh anak-anak, karena mungkin banyak objek di dalamnya. Seperti apa objeknya? Ikuti artikel salah satu wisata singkawang ini sampai selesai.

Mengenal Taman Pasning Lebih Dalam

Taman Pasning (Pasukan Kuning) dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup UPT. Persampahan Pemkot Kota Singkawang. Di bangun pada pekarangan Kantor Dinas tersebut dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi oleh masyarakat sebagai penghias taman. Dan hasil kerja keras pasukan kuning dan stafnya akhirnya taman Pasning bukan hanya menjadi sarana untuk memperindah pekarangan kantor namun juga menjadi perhatian masyarakat, yang menjadikan taman ini salah satu tempat rekomendasi untuk melepas penat, ber-istirahat, mengasuh anak, atau sekedar foto-foto.

hang tuah pasning singkawang

Di dalam taman terdapat patung Hang Tuah dan sebuah ornamen meriam yang seingat saya pernah dipakai pada acara Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Provinsi Kalbar XI yang di adakan oleh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) di Stadion Kridasana. Selain ornamen tersebut, kita bisa menyaksikan lebih banyak objek di dalamnya, seperti edukasi budaya, hal yang bersifat ke-singkawang-an (bahasa apa ini), dan patung-patung binatang dsb.

Tambahan Informasi Pasning

Tidak seperti taman lainnya, di taman ini tidak dikenakan biaya masuk ataupun parkir, dan juga tidak ada larangan untuk membawa makanan ataupun minuman dari luar. Namun satu hal yang sangat ditekankan bahwa setiap pengunjung harus "Selalu Menjaga Kebersihan" taman pasning, sudah terdapat tempat sampah yang disediakan disana.

Menurut informasi yang kami dapat bahwa di depan taman pasning juga terdapat rumah persinggahan yang berfungsi sebagai ruang untuk rapat. “Jadi, kalau teman-teman pers mau menggunakan fasilitas ini untuk menggelar rapat, silahkan dipakai,”ajaknya (Kepala UPT Kebersihan Singkawang, H Rustam Effendy). Wah keren ya :)

taman pasukan kuning

Lokasi Taman Pasukan Kuning

Lokasi Taman Pasning dilihat dari Google Maps:

Galeri Photo Taman Pasning

taman pasukan kuning singkawang
Plang Kantor UPT.Persampahan


taman pasning singkawang

taman pasning

Penutup

Taman Pasning adalah taman kita bersama, taman ini dibuat oleh para pasukan kuning bersama stafnya maka kita harus menghargai jasa mereka. Jagalah kelestariannya, dan semoga akan banyak taman-taman yang lain di kota singkawang.

0 comments

Posting Komentar